UN 2017 Hari Pertama SMA/MA Berjalan Baik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan mengklaim bahwa Ujian Nasional 2017 untuk siswa Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aaliyah (SMA/MA) yang dimulai serentak di seluruh Indonesia hari ini, Senin (10/4/2017) hari ini berjalan lancar.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Daryanto mengatakan, hasil Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud), sebanyak 1,8 juta peserta UN SMA/MA mengikuti perhelatan tahun ini.

“Sampai saat ini berjalan dengan baik. Dari 1,8 juta peserta, 63,20 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata Daryanto di Kemendikbud, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2017).

Dirinya menjelaskan sebanyak 9.661 sekolah menggelar UNBK, dan 10.892 sekolah melaksanakan UN berbasis kertas dan pensil (UNKP).

“Menariknya tahun ini untuk mensukseskan UNBK, satuan pendidikan penyelenggara bersinergi dengan SMP/Madrasah Tsanawiyah, SMA/MA dan SMK. Sehingga dari 9.661 sekolah penyelenggara UNBK, ada 7.689 sekolah pelaksana UNBK mandiri dan 1.972 sekolah bergabung ke SMP/MTs dan SMK,” katanya.

Daryanto menjelaskan, ada tiga provinsi yang 100 persen sekolahnya menyelenggarakan UNBK SMA/MA.

Diantaranya, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi DI Yogyakarta dan DKI Jakarta.

“Sementara 1.145.341 siswa yang mengikuti UNBK dan 666.878 yang mengikuti UN berbasil kertas dan pensil,” kata Daryanto.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, tidak ada kendala yang terjadi seputar tertib UN, yang berdampak signifikan pada pelaksanaan UN.

“Di SMAN 46, ada kendala teknis untuk penggunaan ruang lab, tapi itu bisa diatasi, ada juga para peserta yang ditemukan membawa telepon genggam ke ruang ujian, padahal itu tidak diperbolehkan,” katanya.

Dirinya hanya berharap, para siswa dan pihak sekolah tetap konsisten untuk menjunjung tinggi kejujuran, melalui pelaksanaan UN sebagai bagian dari evaluasi hasil belajar.

“Bagi seluruh siswa dan pihak sekolah SMA/MA, selamat mengikuti dan menyelenggarakan UN, tetaplah konsisten untuk menjunjung tinggi kejujuran pada pelaksanaan UN ini,” katanya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2017/04/10/kemendikbud-un-2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X

Pin It on Pinterest

X